Selasa, 29 Juni 2010

RAHASIA PERTOLONGAN ALLAH UNTUK KEBERKAHAN REZEKI

AGUS HERMAWAN, S.Ag

Rezeki yang berkah, luas dan cukup merupakan hal yang diidam-idamkan oleh setiap orang. Berbagai cara dilakukan untuk mencapainya. Bahkan ada yang menggunakan cara-cara yang diharamkan oleh Allah swt. Ada diantara manusia yang keliru meminta pertolongan. Ada yang meminta pertolongan kepada Jin, meminta jimat dan pengasihan ke dukun-dukun, serta meminta wejangan-wejangan kepada para paranormal. Padahal perlu kita yakini bahwasanya yang member i rezeki kepada kita adalah Allah swt., bukan manusia, pasar, yayasan ataupun perusahaan. Semuanya itu dapat ditamsilkan sebagai kran-kran tezeki Allah swt. yang mengalir kepada diri kita.

Karenanya manakala kita hendak mendapatkan pertolongan Allah swt. hendaknya kita dekati sumber pemberi rezeki, yaitu Allah swt. dengan cara mengamalkan amalan-amalan sunnah yang dapat mengetuk pintu mahabbah (kecintaan) Allah swr. Kepada kita. Karena jika Allah swt. telah mencintai seseorang, apapun doa yang dimohonnya akan dikabulkan, begitu pula dengan kebutuhan hidup dan rezekinya, niscaya akan dimudahkan dan diberkahi. Adapun diantara amalan-amalan sunnah yang menjadi kunci pertolongan Allah swt. untuk mendapatkan keberkahan rezeki ialah :

1. Mencintai masjid

Mencintai masjid merupakan kunci utama untuk mendapatkan pertolongan Allah swt. Karena masjid adalah rumah Allah swt. dan tempat yang paling Allah sukai di dunia ini. Orang yang mencintai masjid, akan selalu dicintai oleh Allah. Karenanya usahakan agar kita tidak melaksanakan shalat fardhu lima waktu kecuali di masjid. Berzikir dan mengkaji ilmu-ilmu agama di masjid, dan jangan lupa membawa infaq untuk masjid. Insyaallah petolongan Allah swt. akan selalu diberikan bagi mereka pecinta masjid.

2. Shalat Tahajud

Amalan sunnah yang sangat dicintai oleh Allah swt. ialah shalat tahajud. Karena ibadah sunnah ini merupakan warisan Nabi dan para sahabatnya. Pada sepertiga malam terakhir ini Allah swt memberi
kan rahmat-Nya kepada mereka yang bangun untuk sujud menegakkan qiyamullail. Banyak sekali keutamaan-keutamaan dari shalat tahajud, diantaranya Nabi SAW bersabda: “Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim ). Jadi mereka yang sepanjang malam tidur berarti telah menyia-nyiakan datangnya pertolongan Allah.


3. Menyambung silaturahim

Silaturahmi adalah kunci pembuka pintu rahmat dan pertolongan Allah swt. Silaturahim artinya menyambung hubungan persaudaraan dengan sesame muslim. Orang yang cinta dengan silaturahim akan selalu dicintai oleh orang lain, dan akan dicintai pula oleh Allah swt. Dalam hadits Rasulullah saw. bersabda : "Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya daripada shalat dan shaum?" tanya Rasulullah SAW kepada para sahabat. "Tentu saja," jawab mereka. Beliau kemudian menjelaskan, "Engkau damaikan yang bertengkar, menyembungkan persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terpisah, menjembatani berbagai kelompok dalam Islam, dan mengukuhkan tali persaudaraan di antara mereka adalah amal shalih yang besar pahalanya.
Barangsiapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali silaturahmi" (HR. Bukhari Muslim).

4. Cinta sedekah

Dalam sebuah tausiahnya, Ustadz Yusuf Mansur menyampaikan bahwa sedikitnya ada empat keutamaan bersedekah. Pertama, mengundang datangnya rezeki. “Allah berfir man dalam salah satu ayat Alquran bahwa Dia akan membalas setiap kebaikan hamba-hamba-Nya dengan 10 kebaikan. Bahkan di ayat yang lain dinyatakan 700 kebaikan. Ali bin Abi Thalib pernah menyatakan, “Pancinglah rezeki dengan sedekah”. Kedua, sedekah dapat menolak bala. Rasulullah pernah bersabda, “Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah.”
Ketiga, sedekah dapat menyembuhkan penyakit. Rasulullah menganjurkan, “Obatilah penyakitmu dengan sedekah.” Keempat, menunda kematian dan memperpanjang umur. Rasulullah mengatakan, “Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur”. Mengapa semua itu bisa terjadi? Hal tersebut bisa terjadi karena Allah mencintai orang-orang yang bersedekah.


5. Membantu orang lain

Amalan yang disukai oleh Allah swt. ialah membantu orang lain yang mendapatkan kesulitan. Karena siapa orang yang suka membantu orang lain akan dibantu oleh Allah swt. Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR. Muslim, lihat juga Kumpulan Hadits Arba’in An Nawawi hadits ke 36).


6. Membaca shalawat Nabi

Orang yang sangat dicintai oleh Allah swt. si dunia ini adalah nabi Muhammad saw. Karenanya orang yang cinta bershalawat kepada nabi Muhammad saw. akan dicintai pula oleh Allah swt. Dan manakala seseorang telah dicintai oleh Allah, maka pertolongan-Nyapun akan diberikan kepadanya. Allah Subhannahu wa Ta'ala telah berfirman di dalam Al-Qur’an yang artinya, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. 33:56) Abul Aliyah berkata, “Shalawat Allah adalah pujian-Nya (terhadap Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam ) di sisi para malaikat, sedangkan shalawatnya malaikat berupa do’a.” Diriwayatkan dari Sufyan ats-Tsauri dan beberapa ahli ilmu, mereka mengatakan, “Shalawat dari Rabb adalah rahmat-Nya, dan shalawat malaikat adalah permohonan ampun.” Sementara itu, as-Sam’ani berkata, “Shalawat dari Allah bermakna rahmat dan ampunan, sedang shalawat dari malaikat serta orang mukmin makna-nya adalah do’a.”

Demilianlah 6 amalan sunnah yang merupakan kunci datangnya pertolongan Allah swt. untuk keberkahan rezeki dan harta. Semoga kita dapat mengamalkannya, dan semoga kita dijadikan orang-orang yang memiliki harta yang cukup, luas dan berkah. Amiin..

3 komentar:

  1. Alkhamdulillah. Amin saya berkesempatan membaca artikel ini. terimakasih, semoga kita selalu dalam Hidayah Allah. amin.

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum...maaf Bapak/Ibu (Hamba Allah) yg baik Hati,Bagi Antum yg ingin menSodaqohkan rezeqinya berapapun jumlahnya yg sedikit ataupun banyak, yg sembunyi ataupun nampak.kami siap menerima & menyalurkan buat keperluan renovasi pembangunan musholah, faqir miskin, anak yatim piyatu yg ada disekitar rumah kami, silakan transfer (ke Bank DKI Syariah matraman no Rekening: 504948557030002938 a/n Handi wijaya) semoga Allah membalas kebaikan antum didunia untuk bekal diakhirat nanti aamiin yaarabballamiin.terima kasih assalamu'alaikum.

    BalasHapus
  3. assalamualaikum.saya sedang terlilit hutang.dan sangat berharap bantuan.sy siap melakukan apa yg disuruh orang yg mampu membantu saya melunasi hutang2 .yang penting tdk melanggar syariat islam.wassalam

    BalasHapus